PT PLN Tarakan

Jasa Operasi dan Pemeliharaan Transmisi

1. Operasi dan Pemeliharaan Gardu Induk
Jasa Operasi dan Pemeliharaan gardu induk menyangkut pencatatan, control dan penyetelan kondisi operasi dari semua peralatan. Patroli harian, Perbaikan kecil dan tindakan-tindakan darurat waktu ada gangguan. Tujuan akhir dari tugas-tugas ini adalah untuk mempertahankan pelayanan dengan cara mencegah interupsi penyediaan tenaga listrik dan mempertahankan tegangan sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

Gangguan pada gardu induk erat sekali hubungannya dengan pemelihraannya. Oleh karena itu, kebijaksanaan pemeliharaan guna menjamin operasi yang stabil harus dijabarkan dari analisa gangguan. Banyaknya gangguan yang terjadi karena karena pemeliharaan yang kurang baik serta peralatan yang rusak. Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan guna mencegah terjadinya gangguan. Untuk dapat mengambil kesimpulan yang lebih tepat jumlah peralatan yang terganggu, lamanya peralatan itu bertugas, kondisinya waktu terjadi gangguan dan sebagainya. Pemeliharaan bertujuan meningkatkan hasil kerja (performance) peralatan, deteksi kerusakan secepat mungkin dan mencegah gangguan sebanyak dan seluas mungkin.

2. Pemeliharaan Saluran Transmisi
Tujuan pemeliharaan saluran transmisi adalah agar dimungkinkan penyaluran tenaga listrik secara terus menenur. Tujuan ini dicapai dengan memperbaiki, memulihkan dan menyempurnakan keaadaan peralatan yang rusak atau terkena gangguan yang diketahui dari patroli dan inspeksi.