1.Pendahuluan

Citra PT Pelayanan Listrik Nasional Tarakan adalah aset perusahaan yang sangat penting. Oleh karena itu untuk menjaga citra tersebut diperlukan komunikasi yang baik dengan pihak ekternal. Setiap orang dalam perusahaan diharapkan dapat menghindari komunikasi yang dapat menimbulkan permasalahan.

Untuk menghindari komunikasi yang dapat menimbulkan permasalahan, tidak semua pegawai diperkenankan untuk berbicara atas nama perusahaan, kecuali pegawai yang telah ditunjuk sebagai juru bicara perusahaan.

2. Tujuan

Tujuan utama dari kebijakan transparansi dan disclosure ini adalah untuk :

a. Melindungi reputasi perusahaan;

b. Mengimplementasikan prinsip tranparansi dan akuntabilitas dalam
melaporkan disclosure;

c. Mengimplementasikan corporate governance dalam praktek bisnis
dan perusahaan.

3. Prinsip-prinsip Pedoman

Prinsip-prinsip corporate governance yang digunakan sebagai petunjuk dalam pengembangan kebijakan ini adalah :

Tranparansi

Menyediakan disclosure yang cukup dan jelas serta informasi yang dapat diperbandingkan yang menyangkut informasi keuangan dan keputusan penting perusahaan.

Akuntabilitas

Kejelasan fungsi, struktur, sistem dan pertanggungjawaban organ perusahaan sehingga pengelolaan perusahaan terlaksana secara efektif.

Responsibilitas

Memastikan bahwa perusahaaan dijalankan dengan prinsip kehati-hatian dan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk pembentukan manajemen dan pengendalian manajemen dan risiko.

Independensi

Suatu keadaan dimana perusahaan dikelola secara profesional tanpa benturan kepentingan dan pengaruh/tekanan dari pihak pemegang saham, manajemen atau pihak manapun yang tidak sesuai dengan peraturan dan perundang undangan yang berlaku dan prinsip-prinsip korporasi yang sehat.

Fairness

Memastikan adanya perlindungan hak-hak Pemegang Saham, dan stakeholder lainnya.

4. Definisi

Perusahaan mendefinisikan transparansi sebagai penyediaan informasi yang tepat waktu, jelas, akurat dan dapat diperbandingkan baik informasi keuangan, informasi lainnya serta keputusan penting. Segala informasi dan keputusan yang dapat mengurangi keunggulan kompetitif Perusahaan, tidak boleh dipublikasikan.

Disclosure didefinisikan sebagai pengungkapan informasi yang akurat, lengkap dan relevan untuk diketahui oleh pengguna informasi.

Download untuk selengkapnya