PT PLN Tarakan

Good Corporate Governance

Adanya peningkatan aktivitas perusahaan dan semakin ketatnya persaingan, menjadikan pengelolaan usaha bukan hanya berfokus pada keuntungan semata tetapi juga pengelolaan perusahaan yang transparan dan akuntabel. Oleh karena itu, implementasi Good Corporate Governance (GCG) dalam sebuah perusahaan menjadi kebutuhan sekaligus tuntutan yang tidak dapat dihindari.

GCG merupakan sistem sekaligus struktur dalam rangka memberi keyakinan kepada seluruh pihak yang berkepentingan (stakeholders) bahwa perusahaan dikelola dan dikendalikan untuk melindungi kepentingan stakeholders sejalan dengan peraturan perundang-undangan dan prinsip-prinsip GCG.

Sebagai Anak Perusahaan PT PLN (Persero), PT Pelayanan Listrik Nasional Tarakan (selanjutnya disebut Perusahaan) memiliki komitmen yang tinggi terhadap setiap elemen Perusahaan untuk dapat menjalankan dan melaksanakan prinsip-prinsip GCG. Untuk itu dalam menjalankan aktivitas usahanya, Perusahaan berkomitmen untuk mengimplementasikan GCG secara konsisten berlandaskan pada standar etika bisnis yang tinggi. Implementasi GCG bagi Perusahaan tidak hanya dipandang sebagai bagian dari pemenuhan atau kepatuhan terhadap regulasi akan tetapi mempunyai kontribusi yang signifikan pada pencapaian kinerja Perusahaan.

Untuk memastikan bahwa pelaksanaan prinsip-prinsip GCG dilaksanakan, Perusahaan menganggap perlu adanya sebuah panduan dalam implementasi GCG di Perusahaan yang diwujudkan dalam bentuk Pedoman GCG. Pedoman GCG merupakan acuan dalam menentukan kebijakan dan sasaran Perusahaan. Dengan demikian Pedoman GCG ini tidak hanya bertujuan agar Perusahaan patuh terhadap peraturan perundang-undangan, akan tetapi juga mempunyai kontribusi yang signifikan pada pencapaian kinerja Perusahaan.

Untuk menunjukkan komitmen terhadap pelaksanaan GCG di Perusahaan, Pedoman GCG akan dikaji relevansinya secara berkala, untuk melihat kesesuaian terhadap kondisi lingkungan bisnis Perusahaan yang mutakhir.